Babylonia

Babylonia



Babylonia adalah salah satu kota terhebat dalam dunia kuno. Kota ini berdiri di tepian Sungai Eurafat,di dekat tempat yg sekarang disebut Al Hillah di Irak.
Babylonia mencapai puncak kejayaannya dalam dua tahap: Kerajaan Babylonia lama (1792-1234 SM)dan Kerajaan Babylonia baru (626-539 SM).
Babylonia tumbuh menjadi kota sejak tahun 2200SM,tetapi hanya saat Hammurabi menjadi raja di tahun 1729 kota ini sangat berkuasa. Di massa pemerintahannya selama 42 tahun,penaklukan yg dilakukan Hammurabi membuat Babylonia menjadi sebuah Kerajaan maha besar di Mesopotamia.
Tapi,setelah Hammurabi wafat,kekuasaan Babylonia menurun dan Bangsa Assyria merebut kekuasaan. Setelah mendapatkan perlawanan dari Bangsa Babylonia,Bangsa Assyiria menghancurkan kota ini di tahun 69 SM,hanya untuk membangunnya kembali 11 tahun kemudian.
Hanya dalam waktu 60 tahun, raja Babylonia, Nabopolassar dan putranya, NebuchadnezzarII, menghancurkan Bangsa Assyiria dan membangun kembali kerajaan Babylonia yg baru.
Dibawah kekuasaan NebuchadnezzarII, Babylonia menjadi kota yg luas dan mengagumkan dengan 250.000 orang, dipenuhi istana-istana megah,kuil-kuil,dan rumah-rumah.
Babylonia dikelilingi oleh tembok setebal 26 meter dilapisi dengan batu bata berwarna biru,dihiasi dengan naga,singa,benteng, serta dihubungkan dengan 8 pintu gerbang raksasa yg tebuat dari perunggu. Gerbang paling mewah adalah Ishtar Gate,yg terbuka langsung ke arah jalan berpaving, Processional Street.
Rakyat Babylonia sangat yakin akan kekuatan mereka. Konon, Raja Belshazzar tengah berpesta ketika Bangsa Persia yg dipimpin olaeh Cyrus,menyerang.Paa prajurit Cyrus menggali kanal untuk membelokkan Sungai Eufrat,lalu menyelinap ke dalam kota sepanjang tepi sungai. Cyrus menulis " you are weighedin the blance,and aare found waiting"

0 komentar:

PRIMBON

Ada kesalahan di dalam gadget ini