Mempercantik Kolam Dengan Tanaman Air

Mempercantik Kolam Dengan Tanaman Air



Tanaman air. Di indonesia yang beriklim tropis, memiliki banyak jenis tanaman air. Iklim tropis memungkinkan tanaman air tumbuh subur, mulai dari tanaman hijau hingga bunga. Tanaman air merupakan ornamen yang dapat mempercantik kolam dengan hiasan bunga tanaman air. Tanaman ini jadi salah satu unsur dekoratif di taman khususnya kolam. Saat ini tidak sedikit juga orang yang mencari tanaman air untuk dekorasi tamannya. Keunikan dan keeksotisan tanaman ini mampu menambah nilai estetika taman.

Tanaman air memiliki ciri khas daun yang lebar dan adanya lapisan lilin di permukaannya. Tanaman air memiliki banyak manfaat. Selain mempercantik kolam, tanaman air juga dapat menjaga kebersihan dan kejernihan air. Memilih tanaman untuk ditempatkan dikolam harus lah bijaksana. Tanaman air yang dipilih adalah tanaman air yang memiliki warna, bentuk, ukuran yang menarik sehingga bisa mempercantik kolam.

Ada beberapa tanaman air yang dapat anda pilih untuk menghiasi kolam:

Teratai, memiliki ukuran berkisar 45-90 cm, bunganya cantik berwarna-warni dan daun yang menempel di permukaan air. Teratai ada beberapa jenis yang dibedakan dari warna bunga nya. Perbedaan jenis ini bisa anda padukan satu sama lainnya untuk menghiasi kolam.
Seroja yang berasal dari India. Tanaman satu ini juga sering disebut sebagai teratai di Indonesia. Tangkainya berbentuk tabung kosong di tengahnya sebagai jalur udara. Tinggi tanaman ini bisa mencapai satu setengah meter. Jadi kalau Anda berencana membuat kolam yang dalam sekalipun masih bisa ditumbuhi oleh jenis yang satu ini. Diameter daun seroja bisa mencapai lebih dari setengah meter dan permukaannya mengandung lilin. Karena itu air yang jatuh di permukaan daunnya akan bergulir atau membentuk butiran air. Bunganya hanya mekar pada bulan Juli dan Agustus, tentu ini jadi hal yang ditunggu-tunggu bagi para pencinta bunga.
Eceng gondok, orang menganggap tanaman ini adalah pengganggu atau perusak linkungan air. Sebenarnya tanaman ini memiliki bunga yang cantik dan perwatannya mudah. tapi ada harus perhatikan perkembangan tanaman air ini. Eceng gondok cepat berkembang, sehingga anda harus rajin membuang anakannya untuk mencegah kolam anda tertutupi dengan eceng gondok.
Kuping gajah, tanaman air ini cocok jadi penghias dipinggir kolam. Daunnya besar seperti telinga gajah dengan tekstur dan warna yang dramatis.
Lotus, serupa dengan teratai dengan ukuran lebih besar. Daunnya bulat lebar, dengan ukuran berkisar antara 6-10cm, dan menebarkan aroma yang wangi.

sumber: www.tanamanbudidaya.com/keyword/tanaman-air/

0 komentar:

PRIMBON

Ada kesalahan di dalam gadget ini